Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer)
Vol 22, No 2 (2023): Agustus 2023

Pembelajaran Menggunakan TIK dapat Meningkatkan Literasi Peserta Didik Generasi Z Pada Kurikulum Merdeka

Said Thaha Ghafara (Universitas Negeri Padang)
Nizwardi Jalinus (Universitas Negeri Padang)
Ambiyar Ambiyar (Universitas Negeri Padang)
Waskito Waskito (Universitas Negeri Padang)
Fahmi Rizal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Artikel ini membahas tentang penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi peserta didik Generasi Z pada Kurikulum Merdeka. Generasi Z merupakan generasi yang tumbuh di tengah kemajuan teknologi digital, oleh karena itu, integrasi TIK dalam pembelajaran menjadi sangat relevan dan penting. Artikel ini menguraikan beberapa manfaat yang ditawarkan oleh pembelajaran dengan menggunakan TIK, seperti akses mudah ke informasi, pembelajaran interaktif, pengembangan keterampilan digital, kolaborasi dan keterhubungan, serta pemecahan masalah dan kreativitas. Pembelajaran menggunakan TIK dapat memberikan pendekatan yang inklusif dan adaptif, meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di era digital. hasil dari penelitian in yaitu Pembelajaran menggunakan TIK pada Kurikulum Merdeka memiliki potensi besar dalam meningkatkan literasi peserta didik Generasi Z. Melalui akses mudah ke informasi, pembelajaran interaktif, pengembangan keterampilan digital, kolaborasi dan keterhubungan, serta pemecahan masalah dan kreativitas, literasi peserta didik dapat meningkat secara signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Computer Science, Computer Engineering, and Informatics Computer Network Embedded System Computer Security Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods) Programming (Programming Methodology and Paradigm) Data Engineering (Data and ...