Bahasa memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu anak dalam membangun hubungan dengan orang lain. Hal itu tidak terlepas dari kontribusi dan peran lingkungan keluarga dalam mengoptimalkan perkembangan bahasa anak. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lingkungan keluarga dalam perkembangan bahasa anak di Desa Marga selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan secara online. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun (kategori TK B) di Desa Marga Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan-Bali dengan jumlah responden sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran lingkungan keluarga khususnya orang tua dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak dalam aspek menerima bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaraan awal sudah tergolong baik. Sebanyak 80% orang tua sudah mengajarkan anaknya untuk menerima bahasa dalam konteks memahami informasi yang didengarkan dan sebanyak 20% yang belum mengajarkan. Selanjutnya dalam aspek mengungkapkan bahasa sebanyak 84% orang tua sudah mengajarkan anaknya dan sebanyak 16% yang belum mengajarkan. Terakhir, sebanyak 72% orang tua sudah mengajarkan anaknya untuk mengenal keaksaraan awal dan sebanyak 28% yang belum mengajarkan.
Copyrights © 2022