Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Universitas Halu Oleo
Vol 1, No 1 (2020): JAKK (Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan)

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINATKUNJUNGAN ULANG DI PUSKESMAS ABELI KOTA KENDARITAHUN 2020

Sari Reskyanti (Universitas Halu Oleo)
Suhadi Suhadi (Universitas Halu Oleo)
Asnia Zainuddin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

AbstrakAbstrak ditulis dengan jumlah 200-250 kata. Khusus untuk Abstrak, teks ditulis dengan margin kiri 30 mm dan margin kanan 30 mm dengan ukuran font 9 pt dan jenis huruf Arial serta jarak antar baris satu spasi pada ukuran kertas A4.Abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik dan benar. Abstrak untuk masing-masing bahasa hanya boleh dituliskan dalam satu paragraf saja dengan format satu kolom. (Arial 9pt).Abstrak meliputi:Latar Belakang:Mutu adalah kesempurnaan dari produk jasa dengan mematuhi standar yang telah ditetapkan, kualitas pelayanan kesehatanmengacu pada lima dimensi mutu yaitu cepat tanggap, keandalan, terjamin,empati, dan bukti fisik. Pasien yang puas terhadap pelayanan kesehatan akan berpeluang untuk berminat melakukan kunjungan ulang ke Puskesmas Abeli ketika kesehatannya terganggu.Tujuan:tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang di Puskesmas Abeli Kota Kendari tahun 2020Metode:metode penelitian meliputi penelitian observasional dengan rancangan pendekatan cross sectional study, Penelitian ini dilakukan diWilayah Kerja Puskesmas Abeli Kota Kendari.Hasil:hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dimensi kehandalan (reliability) (p value = 0,007 < α), dimensi daya tanggap(responsiviness) (p value = 0,001 < α), dimensi dimensi jaminan (assurance)(p value = 0,038 < α), dimensi empati (emphaty), (p value = 0,004 < α) dengan minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas Abeli Kota Kendari dan tidak ada hubungan antara bukti fisik (tangibles) (p value 0,264 > α), dengan minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas Abeli Kota Kendari.Kesimpulan:Ada Hubungan antara kehandalan, kesiapsiagaan, jaminan,dan empati serta Tidak ada Hubungan antatara Bukti Fisik dengan minatkunjungan ulang pasien di Puskesmas Abeli Kota Kendari Tahun 2020 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jakk-uho

Publisher

Subject

Public Health

Description

Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Unversitas Halu Oleo berasal dari penelitian dalam bidang Administrasi dan Kebijakan ...