Jurnal Pendidikan dan Sains
Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas IV SD Tarakanita Tangerang

Rifaatussalwa Hayati (STKIP Setiapada Nusantara)
Ignatius Joko Dewanto (STKIP Setiapada Nusantara)
Pramisidi Winanto Saputra (STKIP Setiapada Nusantara)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi denganmengimplementasi model pembelajaran experiential learning, memaparkan langkah-langkah pembelajaran yang tepatmelalui penerapan model pembelajaran experiential learning, dan mengidentifikasikan respons siswa terhadappenerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Penelitianmenggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian guru dan siswa yang ada di kelas bahasaIndonesia, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran experiential learning dapatmeningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas IV SD Tarakanita. Data refleksi awal menunjukkanbahwa nilai rata-rata kelas adalah 68 (cukup), kemudian menjadi 72,7 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi82,1(baik) pada siklus II. (2) Implementasi pembelajaran experiential learning memilih beberapa langkah dengantujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi, dan (3) Keaktifan siswa dalam memberikantanggapan sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulisparagraf deskripsi. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan subjek dan objek data yang berbeda agar dapatmeyakinkan hasil penelitian yang dilakukan, dan dapat disumbangkan bagi guru untuk bahan kajian dan peningkatanmutu pendidikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jupisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Sains (JUPISI) terbit dua kali dalam setahun (November dan Mei) berisi kajian tentang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Tulisan ilmiah yang diterbitkan JUPISI dapat berupa artikel hasil penelitian empiris, review, maupun kajian konseptual. Tim redaksi menerima ...