cover
Contact Name
Miftakhuddin
Contact Email
tuplick110@gmail.com
Phone
+6281212900781
Journal Mail Official
lppm@untara.ac.id
Editorial Address
Komp. Perumahan Sudirman Indah, Jl. Ki Mas Laeng Jl. Syeh Mubarok No. 25 Tigaraksa Kab. Tangerang – Banten
Location
Kab. tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Sains
ISSN : -     EISSN : 30251788     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan dan Sains (JUPISI) terbit dua kali dalam setahun (November dan Mei) berisi kajian tentang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Tulisan ilmiah yang diterbitkan JUPISI dapat berupa artikel hasil penelitian empiris, review, maupun kajian konseptual. Tim redaksi menerima tulisan yang belum pernah diterbitkan oleh media lain (baik cetak maupun elektronik). Naskah diketik sesuai template yang dapat diunduh di website JUPISI. Naskah yang masuk dievaluasi oleh editor. Editor dapat merubah tulisan yang hendak dimuat untuk kepentingan keseragaman format tanpa mengubah maksud dan konten tulisan.
Articles 25 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas IV SD Tarakanita Tangerang Rifaatussalwa Hayati; Ignatius Joko Dewanto; Pramisidi Winanto Saputra
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi denganmengimplementasi model pembelajaran experiential learning, memaparkan langkah-langkah pembelajaran yang tepatmelalui penerapan model pembelajaran experiential learning, dan mengidentifikasikan respons siswa terhadappenerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Penelitianmenggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian guru dan siswa yang ada di kelas bahasaIndonesia, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran experiential learning dapatmeningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas IV SD Tarakanita. Data refleksi awal menunjukkanbahwa nilai rata-rata kelas adalah 68 (cukup), kemudian menjadi 72,7 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi82,1(baik) pada siklus II. (2) Implementasi pembelajaran experiential learning memilih beberapa langkah dengantujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi, dan (3) Keaktifan siswa dalam memberikantanggapan sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran experiential learning dalam pembelajaran menulisparagraf deskripsi. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan subjek dan objek data yang berbeda agar dapatmeyakinkan hasil penelitian yang dilakukan, dan dapat disumbangkan bagi guru untuk bahan kajian dan peningkatanmutu pendidikan.
Pengembangan Bahan Ajar Indonesia melalui Cerita Islam di Madrasah Ibitidaiyah Negeri 1 Legok Novi Irwansyah; Widya Gusfita; Ade Fitri
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita Islami merupakan salah satu sarana guna membantumemahamkan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita Islami dapatdigunakan sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas sehingga guru tidak hanya menggunakanmetode konfensional dalam mengajar. Berdasarkan dari hasil wawancara dengan Ibu Khotimah selaku guru kelasIV-C MIN 1 Legok, dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang diterapkan di sekolah kurang bervariasi.Selain itu kurangnya buku bacaan yang dapat menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian iniadalah mendiskripsikan spesifikasi produk yang dihasilkan berupa bahan ajar Bahasa Indonesia melalui CeritaIslami untuk tematik kelas IV di MIN 1 Legok, menjelaskan perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia yangmenggunakan bahan ajar Bahasa Indonesia melalui Cerita Islami dan yang tidak menggunakan bahan ajar BahasaIndonesia melalui Cerita Islami.Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dankuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menggunakan validasi ahli materi, ahli media, ahlipembelajaran Bahasa Indonesia/guru kelas, dan siswa, sedangkan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakanrumus uji T dan menggunakan penghitungan komputer SPSS. Jenis penelitian ini adalah Research andDevelopment, yang mengacu pada model Dick & Carey.Hasil dari penelitian Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Melalui Cerita Islami di MIN 1 Legokmemenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 95%, ahli desain mencapai 96%,untuk ahli pembelajaran Bahasa Indonesia mencapai 98%, untuk hasil uji coba kelompok kecil 94%, dan untukhasil uji coba lapangan mencapai 95%, bahan ajar melalui Cerita Islami secara efektif meningkatkan hasil belajarsiswa yakni dengan melihat nilai rata-rata dari kelas eksperimen 92 dan dari kelas kontrol 76. Pada uji T denganmenggunakan rumus uji t-tes berkorelasi dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh hasil t hitung ≥ t tabel yaitu 5,44≥ 2,14 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap buku ajar yangdikembangkan.
Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja sebagai Varibel Intervening Indra Budiman; Tri Astuti; Himawan
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis : 1) pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja kerja ; 2) pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja ; 3) pengaruh kepuasan kerja secara langsung terhadap kinerja karyawan yang ada pada Yayasan Al-Mubarok. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode non-probability sampling yang dikombinasikan dengan penggunaan teknik judgemental (purposive). Dari jumlah populasi yang ada, semua dijadikan sampel sebanyak 142 responden. Dikaji dari permasalahan yang diteliti, penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh (sebab-akibat) dari dua atau lebih fenomena melalui pengujian hipotesis. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Kemudian untuk perangkat lunak yang digunakan untuk analisis structural adalah AMOS 22 dan untuk analisis deskriptif menggunakanperangkat lunak SPSS versi 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa model terbaik diperoleh setelah diadakanmodifikasi model sebanyak dua kali, yaitu dengan mengkorelasikan beberapa error indicator yang memilikiModifikasi Indeks (M>I)> 15,00 dan tidak mengikut sertakan indicator yang memiliki loadingfactor(λ) < 0,2000.Model persamaan struktural hasil modifikasi dinyatakan baik, karena telah memenuhi satu kriteria dari delapan cutof value, yaitu kriteria, Relative chi-squar.
Pengembangan Model Pembelajaran Manajemen P r oy e k Teknologi Informasi Berbasis Mu l tim e d i a Ignatius Joko Dewanto; Sri Widiowati; Dwi Solaria Suharti
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The background of the research problems written in this journal document is the difficulty of improving student learning achievement supported by the improvement of student cognitive, affective and psychomotor competencies, and supported by social competence and interrelation competencies between each student. The research method used in this study is to use research and development models, using Dick and Carey's learning design design. The research objective of developing a model of information technology project management materials with multimedia based is for learning needs in improving the competencies of students. Then, the results of research and development are models for the development of teaching materials, a set of teaching materials from the curriculum, GBPP, syllabus, RPS and also various media based on multimedia teaching materials. The contribution of research on the development of teaching materials models can be applied to other subjects which in turn can create a set of teaching materials that can be used by lecturers for the process of teaching and learning activities for one semester. Whereas for the follow-up of this research is to develop curriculum, enrich teaching materials, improve student competency and finally be able to increase campus brand in developing students who are qualified and have positive competitiveness in the era of modern globalization.
Penerapan Model Pembelajaran STAD dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Barugbuf 1 Kecamatan Padarincang Hermawan; Ignatius Joko Dewanto; Pramisidi Winanto Saputra
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Used the Learning Model STAD in Natural Science Learning to Increase Interest and Learning Outcomes in Student Class V Elementary School Barugbug 1 Kecamatan Padarincang. Thesis, Learning Technology, Post Graduate, University of Sultan Ageng Tirtayasa, 2017. The study aims to determine interest and student learning outcome by using the model system of Student Teams Achievement Division in science on the material of the human respiratory system. The subjects of research is students in class V elementary school Barugbug 1, which amount to 40 students consist of 21 male and 19 female. The research was conducted start from March until May 2017. The method of this research is classroom action research. That still passive and the learning process is still going on the a classical or teacher as the source of the material, in the first cycle began to look student activeness tought not a whole. The result of the post test is 78. 63 and it in creases in the second cycle by 89. 12, Students are more active, respons and mutual cooperation in cycle II, interest questionnaire result increased from 57. 5 cycle I to 80. 62 in cycle II.
KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN, KELENTUKAN PINGGANG, DAN KOORDINASI MATA-TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN LOB PADA MAHASISWA BULUTANGKIS UNTARA Yudhi Esa Saputra; Siti Juabedah; Ghalih Kurniawan
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 2 (2022): Pendidikan dan Bahan Ajar
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem of badminton athletes at the Universitas Tangerang Raya caused by the declining achievement factor experienced by athletes. The purpose of this study was to determine the contribution of arm muscle strength, waist flexibility, and hand-eye coordination to the lob ability of badminton athletes. The population of this study amounted to 59 people. The sampling technique was taken by "purposive sampling". The sample consisted of 30 male athletes aged 17-19 years. The data collected in this study were arm muscle strength with a push-up test, waist flexibility with a bridge-up test, eye-hand coordination with a tennis ball throwing and catching test, and lob hitting ability with a lob ability test. Data analysis techniques used descriptive statistical methods, then interpreted using a simple product moment for hypotheses one, two, three. The fourth hypothesis uses the dolitte double correlation formula. To determine the contribution of the independent variable to the dependent variable with the determination formula 1k xr1k x 100%. This research is included in the type of correlational research. The results of this study indicate: (1) There is an insignificant contribution between arm muscle strength and lob hitting ability, with a value of r = 0.130, r2 = 0.017, the contribution is 3.17%. (2) There is an insignificant contribution between waist flexibility and lob ability, with r = 0.082 obtained r2 = 0.007, the contribution is 0.79%. (3) There is no significant contribution between eye-hand coordination on lob hitting ability, with r = 0.247 obtained r2 = 0.061, the contribution is 8.04%. (4) There is an insignificant contribution between arm muscle strength, waist flexibility, and eye-hand coordination on lob hitting ability, with R = 0.436, R2 = 0.120, the contribution is 12%.
Pengaruh Latihan Zig-Zag Menggunakan Metode Interval dan Metode Repetisi Terhadap Kelincahan Pemain Sepakbola Rizki Mubaraq; HerdiansyahAgus; Yudhi Esa Saputra; Siti Nur Annisa
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 2 No 1 (2022): Peningkatan Kualitas Pembelajaran
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In this study, the authors examine the zig-zag exercise with interval training methods and repetition training methods to increase agility. The purpose of this study was to determine the effect of zigzag training with interval and repetition training methods on the agility of soccer players. The method used in this research is the experimental method. The population in this study were students of the Bandung Coerver Coaching Team, while the sample used in this study consisted of 22 students of the Bandung Coerver Coaching Team. This study was conducted for 8 weeks with a frequency of exercise 2 times a week. Based on the processing and analysis of the data obtained, the results of the study were that there was no significant increase in the two training methods on the agility of football players. When compared, there is a difference in the improvement of these two training methods. Based on the results of this study, the authors recommend that the repetition method be an option as a method to improve the agility of football players.
Analisis Isi Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SMP Ditinjau dari Karakter Kejujuran dan Kedisiplinan Fidiatun Adiyan
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 2 (2022): Pendidikan dan Bahan Ajar
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this study was to identify and understand comprehensively character education in English textbook in terms of honesty and discipline character. The method that used in this research was content analysis method (content analysis). The approach that used was a qualitative approach. The data were collected by reading the textbook intensively and repeatedly then analysis the data of character education. The results of the data analysis found 28-character education values. From these data, the researcher analyses 4-character education in listening skills, then in speaking skills were found 10-character education values, in reading skills there were 13-character education values, and there were 1 character education value of writing skill. The dominant character education values that were analysed was character education in reading skills.
Peran Orangtua dalam mendampingi Anak Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 Nanang Sahriana; Raeh Niken Baghiroh Raeh; Silfa Saadatunnisa
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 2 (2022): Pendidikan dan Bahan Ajar
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to provide an overview of parent’s role while accompanying children to learn from home during the Covid-19 pandemic. This research used library research with six stages namely: determining research topics, reviewing of literature up-to-date, reducing literature, organizing literature, review literature, and made conclusions. The data analysis technique in this research is descriptive qualitative. The current literature is the data sources used in this research , devided into two data sources , namely primary data sources including ebooks, international and national journals, and articles related to early childhood education and the covid-19 pandemic. The secondary data sources in this research was the latest news related to the covid-19 pandemic and early childhood. The result of this research indicate that the parent’s role while accompanying children to learn from home is proven to increase children’s achievement. Accompanying children to learn from home can build closeness between parents and children, be a good model for children, children feel not alone, parents as encouragement, prepare fasilities for children, establish intense communication with children, maintain religious values, develop children’s ability, create a conducive environment for learning, and provide freedom for children to learn and play. However, there are several obstacles faced by parents such as: difficulty in cultivating children’s interest in learning, difficulties in operating gadgets, not having enough time to accompany children, impatient parents in accompanying children, and obstacles related to internet service coverage
Bahan Ajar Pendidikan Multikultural untuk meningkatkan Rasa Nasionalisme Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Nurdin Kamil Kamil; Yudhi Esa Saputra; Raeh Niken Baghiroh
JURNAL PENDIDIKAN DAN SAINS Vol 1 No 2 (2022): Pendidikan dan Bahan Ajar
Publisher : Universitas Tangerang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Budaya belajar sangat dibutuhkan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Untuk itu, setiap guru sekolah dasar harus memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam materi budaya. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar studi lintas budaya untuk meningkatkan karakter nasionalisme siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dengan desain ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester enam program studi pendidikan guru sekolah dasar FKIP Universitas Sriwijaya. Teknik pengumpulan data adalah lembar validasi ahli dan angket. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis hasil uji validasi ahli. Tahap uji coba produk dilakukan pada mahasiswa semester 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar studi lintas budaya layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis lembar validasi oleh validator bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. Selain itu, hasil analisis angket yang diberikan kepada siswa setelah menggunakan bahan ajar studi lintas budaya menunjukkan karakter nasionalisme siswa berada pada kategori sangat baik, dan tanggapan angket yang diberikan menunjukkan bahan ajar layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar studi lintas budaya berpengaruh terhadap karakter nasionalisme mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar di FPIK Universitas Sriwijaya dan bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS.

Page 1 of 3 | Total Record : 25