Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023

Analisis Rekonstruksi Konsep Siswa pada Soal Bangun Datar Segiempat dan Segitiga Ditinjau dari Teori APOS

Dania Noviyla (Universitas Jambi)
Syaiful Syaiful (Universitas Jambi)
Maison Maison (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Ketika siswa dihadapkan pada situasi yang mengharuskan untuk menggunakan kembali konsep yang telah dimilikinya, maka siswa harus merekonstruksi kembali konsep yang ada. Siswa dan guru dapat menerapkan dan memanfaatkan prinsip-prinsip dalam Teori APOS untuk lebih memahami mata pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana kemampuan rekonstruksi konsep siswa pada soal materi bangun datar segitiga dan segiempat ditinjau dari teori APOS di salah satu SMP Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan subjek menggunakan metode purposive sampling, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII disalah satu SMP Kota Jambi. Instrumen penelitian ini terdiri dari soal tes uraian dengan think aloud dan wawancara. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan kemampuan rekonstruksi konsep siswa dalam pemecahan masalah pada materi bangun datar ditinjau dari teori APOS masih kurang memadai, hal ini dikarenakan subjek lupa dengan rumus, kemampuan yang dimiliki subjek masih kurang, subjek tidak terbiasa menyelesaikan masalah secara rinci, subjek kurang teliti dalam mencermati soal, subjek tidak terbiasa untuk mengembangkan pengetahuannya, subjek tidak terlatih dalam berhitung, pemahaman materi prasyarat subjek masih kurang. Manfaat yang didapatkan setelah mengetahui diharapkan agar peserta didik dapat memperoleh pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga mereka akan merasa nyaman ketika belajar dan diharapkan peserta didik dapat mengubah atau mengembangkan suatu permasalahan. Untuk guru dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran yang efisien dan efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...