Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 9, No 2 (2023): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi game quiz pada mata pelajaran pendidikan agama Islam

Daulay, Aidil Ridwan (Unknown)
Halimah, Siti (Unknown)
Anas, Nirwana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Penggunaan smartphone pada siswa dapat memberikan dampak dan pengaruh yang berarti bagi siswa secara fisik maupun mental. smartphone dapat mempengaruhi aspek-aspek perkembangan kognitif, sosial-emosional, nilai agama dan moral, bahasa serta aspek fisik-motorik siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode Reaearch and Development/ R&D Dalam penelitian R&D, peneliti berusaha untuk mengembangkan ilmu secara sistematik berdasarkan data dan praktik. Tujuan penelitian ini adalah sebagai pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi game quiz pada mata pelajaran PAI, kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi game quiz pada mata pelajaran PAI, kepraktisan media pembelajaran berbasis aplikasi game quiz pada mata pelajaran PAI, dan efektivitas implementasi media pembelajaran berbasis aplikasi game quiz pada mata pelajaran PAI. Hasil penelitian ini bahwa pengembangan media menggunakan metode 4D dengan tahapan Define, pada tahap ini dilakukan analisis awal masalah, peserta didik, tugas, konsep dan perumusan tujuan belajar. Design, pada tahap ini dilakukan perancangan produk seperti penggunaan media pembelajaran berbasis berbasis aplikasi game quiz. Develop, pada tahap ini dilakukan uji validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa kemudian dilakukan uji coba terbatas pada lima orang siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...