JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 3, No 1 (2018): Januari, Pengaruh Media dan Isu Penting dalam Kajian Sejarah

PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU SEJARAH FKIP UNSYIAH TENTANG PEMANFAATAN SITUS BERSEJARAH KERKOF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PERANG KOLONIAL BELANDA DI ACEH

Sarina . (Unknown)
Teuku Abdullah (Unknown)
Anwar Yoesoef (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2018

Abstract

ABSTRACTKerkhof is one of the historis sites located in Banda Aceh city.  As early historic sites, Kerkhof has the potential to be used as a learning resource for the dutch Colonial Warn in Aceh of high school students as well as  for student. This study aims to determine the “perception of preservice teacher history of FKIP UNSYIAH about the Utilization of historic Kerkhof  site as a learning resource for dutch Colonial Warn in Aceh. In research appoarch used is qualitative with desciptivr method. The sample in this study amounted to 17 people taken with Random Sampling technique. Data colletion using questionnaire and data analysis is done by processing frequency distribution and historiography method. Based on the result of the research, student’s perception abot the use of Kekhof Site as a leraning reasource dutch Colonial Warn in Aceh, among other: 47% of the students stated agreed that Kekhof give a real picture of the history of the of dutch Colonial Warn in Aceh to clarify wahat is obtained at lectures in class; 53% of the students stated that Kerkhof Sites is historical that can be used as a learning resource for dutch Colonial Warn in Aceh directly so that learning becomes more meaningful; and 41% of the students yhe learning dutch Colonial Warn in Aceh by visiting to the site Kerkhof  is contextual learning can enhance student’s understanding of the histori dutchColonial Warn.Keywords:Perception, Preservice Teacher History, Kerkhof, Learning Resouce.  ABSTRAKKerkhof merupakan situs sejarah yang terletak di Kota Banda Aceh. Sebagai situs bersejarah, Kerkhof  memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar Perang Kolonial Belanda di Aceh bagi siswa sekolah menengah maupun bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “persepsi mahasiswa calon guru sejarah FKIP Unsyiah tentang pemanfaatan situs bersejarah Kerkhof sebagai sumber belajar perang kolonial Belanda di Aceh.Dalam penelitian pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 orang yang diambil dengan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan analisa data dilakukan dengan pengolahan distribusi frekuensi dan metode historiografi.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi mahasiswa tentang pemanfaatan Situs Kerkhof sebagai sumber belajar perang kolonial Belanda di Aceh, antara lain : 47% mahasiswa menyatakan setuju bahwa Situs Kerkhof  memberikan gambaran nyata sejarah perang kolonial Belanda di Aceh sehingga memperjelas apa yang diperoleh pada perkuliahan di kelas, 53% mahasiswa menyatakan bahwa Situs Kerkhof merupakan bukti sejarah dari perang kolonial Belanda di Aceh yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar perang kolonial Belanda di Aceh secara langsung sehingga pembelajaran materi tersebut lebih bermakna; serta 41% mahasiswa berpendapat bahwa pembelajaran Perang kolonial Belanda di Aceh dengan kunjungan langsung ke situs Kerkhof merupakan pembelajaran  pembelajaran kontekstual yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap sejarah perang kolonial Belanda.Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa Calon Guru Sejarah, Kerkhof, Sumber Belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...