Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 8 No 3 (2023): Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Dampingan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru SMP Menggunakan Aplikasi Videoscribe

Ricardus Jundu (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Silfanus Jelatu (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Fransiskus Nendi (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Alberta P. Makur (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Polikarpus Raga (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran. Fokus kegiatan peningkatan keterampilan ini pada inovasi guru mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis video pembelajaran. Peserta kegiatan yaitu 21 orang guru di SMP Negeri 6 Langke Rembong. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi videoscribe. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap yakni perencanaan (observasi), pelaksanaan (dampingan), dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pelatihan ini yaitu adanya peningkatan keterampilan guru SMP dalam mengembangkan video pembelajaran. Pada kegiatan pelatihan ini, 23,81% guru berhasil membuat video pembelajaran dengan kategori sangat baik, 61,90% guru berhasil membuat video pembelajaran dengan kategori baik, dan 14,29% guru berhasil membuat video pembelajaran dengan kategori cukup baik. Guru termotivasi dalam pelatihan pembuatan media pembelajaran karena kegiatan ini menjadi pengalaman baru dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. The goal of this service project is to enhance teachers' ability to teach. This activity focuses on the creativity of teachers in creating and implementing video-based learning materials. There were 21 teachers from SMP Negeri 6 Langke Rembong who took part in the activity. This service's activities include of instruction in creating instructional films with the video scribe program. The implementation method consists of three stages: planning (observation), implementation (assistance), and evaluation. As a result of this training exercise, junior high school instructors now possess greater expertise in creating instructional movies. The findings of this training activity are that 23.81% of instructors can make learning films in the excellent category, 61.90% of teachers in the satisfactory, and 14.29% of teachers in the deficient. Making learning media is an activity that teachers are motivated to learn since it is novel and greatly enhances the standard of instruction in the classroom.

Copyrights © 2023