DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 3 No 1 (2023): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika

DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMK LATANRO ENREKANG

Sukarni Sukarni (Unknown)
Hafsyah Hafsyah (Unknown)
Nurdin Nurdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2023

Abstract

“Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Trigonometri Siswa Kelas SMK Latanro Enrekang”. Dibimbing oleh ibu Hafsyah, S.Pd., M. Pd. dan Bapak Dr. Nurdin, M.Si.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tentang kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah pada materi trigonometri siswa kelas X SMK Latanro Enrekang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan tes dan wawancara. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 subjek yaitu Nur Dinum, Juliati dan Akmal.Berdasarkan indikator digunakan dalam penelitian ini sejalan dengan penelitian (Herling, 2010) bahwa ada 5 aspek indikator berpikir kreatif yaitu kepekaan, kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nur Dinum dan Julianti mampu memenuhi 5 aspek indikator berpikir kreatif yaitu kepekaan, kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi sedangkan Akmal hanya dapat memenuhi 3 aspek indikator berpikir kreatif yaitu kepekaan, keluwesan dan elaborasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...