Kurangnya informasi merupakan salah satu faktor kurang maksimalnya guru dalam menerapkan gestur. Maka, diperlukan sebuah media yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi guru agar kompetensi pedagogik dan profesional guru dapat meningkat. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas media video gestur harmoni dalam proses pembelajaran untuk guru-guru sekolah dasar. Jenis dari penelitian in merupakan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yang digunakan yaitu para ahli dan guru-guru sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, dan non-tes observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan inferensial. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil review uji validitas produk dari para ahli dan guru yang memperoleh hasil rata-rata skor 93,5% dengan kualifikasi sangat baik. Dan hasi uji efektivitas produk ini dinyatakan efektif untuk digunakan dalam sebagai referensi atau sumber ilmu guru-guru dalam penggunaan gestur yang harmoni.
Copyrights © 2023