Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices
Vol 7, No 1 (2023): May

Strategi Guru Menghadapi Problematika Pembelajaran Aqidah

Zidny Akrima Melati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muh Nur Rochim Maksum (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ahmad Nubail (Universitas Sabahattin Zaim)
Mohammad Ali (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Penerapan pendidikan aqidah masih sangat terbatas, hanya mengutamakan aspek kognitif dalam memberikan pengetahuan kepada siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran tentunya tidak terlepas dari permasalahan yang terjadi. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru pada pembelajaran aqidah kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Boyolali Program Khusus dan untuk mendeskripsikan strategi guru yang digunakan untuk menghadapi problematika dalam pembelajaran aqidah kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pendidikan aqidah kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Boyolali Program Khusus terdapat pada faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya adalah guru, peserta didik, fasilitas, kondisi kelas, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Faktor eksternalnya yakni lingkungan dan keluarga. Kemudian untuk strategi yang dilakukan guru untuk menghadapi problematika pembelajaran aqidah kelas VII adalah melalui pembiasaan, keteladanan, koreksi dan pengawasan. dan rencana pelaksanaan pembelajaran. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

iseedu

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices is to challenge exellence in professional education by promoting forward-research-finding scholar, progressive and innovative, to bridge the gap between education and professional practice to inspire and challenge tomorrow’s ...