AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 12, No 3 (2023)

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI LOGARITMA DIBANTU MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Jitu Halomoan Lumbantoruan (Universitas Kristen Indonesia)
Evi Deliviana (Universitas Kristen Indonesia)
Hotmaulina Sihotang (Universitas Kristen Indonesia)
Bernadetha Nadeak (Universitas Kristen Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Hasil belajar diperoleh siswa dalam matematika tidak bisa dilepaskan dari peran guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, mempersiapkan materi, implementasi, melakukan penilaian dan mengevaluasi proses pembelajaran. Namun fakta, hasil belajar logaritma masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar logaritma, karena guru tidak menyusun materi secara mandiri. Fakta lain, Nilai mean belajar siswa saat observasi 74, 80 di bawah kriteria ketuntasan minimal 75. Adanya kesenjangan antara teori dan realita di lapangan menjadi urgen dilakukan penelitian. Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan modul logaritma yang memenuhi kriteria praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi logaritma. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model analyze, Design, Develop, Implementasi dan Evaluasi (ADDIE). Subjek dan objek penelitian sekolah menengah atas dan siswa berjumlah 32. Teknik pengumpulan data dengan instrumen penilaian kepada ahli materi, guru dan memberikan tes kepada siswa saat uji coba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar. Teknik analisis dengan validasi ahli materi, guru dan siswa. Para validasi menilai instrumen dengan memberikan skor dari 1-5 terhadap instrumen. Hasil tes siswa dianalisis dengan melihat kepraktisan dan keefektifan melalui hasil mean individual dan mean klasikal. Hasil validasi ahli materi, guru matematika dan siswa memberikan penilaian 92. 35%, 91, 45% dan 95.81%, dalam kategori sangat baik. Hasil belajar diperoleh siswa yang dibantu modul logaritma saat pos-tes 90.28 dan hasil siswa yang tidak menggunakan modul adalah 68.40 dengan selisih 25. 48. Kesimpulan, modul matematika materi logaritma ini sudah praktis, efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...