AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2023)

BAGAIMANA PROSES BERPIKIR REFLEKTIF MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI ANALITIK?

Fuad Luky Atmaja (Universitas Negeri Yogyakarta)
Muhammad Noor Kholid (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Strategi memecahkan suatu permasalahan terjadi ketika identifikasi solusi untuk masalah sulit dirumuskan. Siswa jarang memanfaatkan kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Oleh karena itu, penelitian ini membantu mengkategorikan pemikiran reflektif siswa dalam memecahkan masalah. Subjek penelitian adalah 3 dari 38 mahasiswa di salah satu universitas di Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data adalah tes, angket, rekaman video, wawancara, dan catatan lapangan. Keabsahan data dilaksanakan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan cara teknik reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subjek penelitian mempunyai jenis pemikiran reflektif berbeda. Pertama, pemikiran reflektif klarifikatif adalah proses pemecahan masalah dimulai dengan kesulitan, kemudian memfilter informasi dengan pengetahuan yang dipelajari berdasarkan pengalaman. Kedua, pemikiran reflektif konektif adalah proses memecahkan masalah ketika mengalami kesulitan dan kemudian mengatasinya dengan menghubungkan konsep dalam menemukan solusi permasalahan. Sementara itu, pemikiran reflektif produktif adalah proses berpikir dalam memecahkan masalah ketika mereka mengalami kesulitan dengan proses pemecahan masalah solusi berbeda. Penelitian ini dapat dijadikan evaluasi oleh calon guru dalam memaksimalkan kemampuan berpikir reflektif dan mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan masalah geometri analitik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...