ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 7 No 2 (2023)

Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar

Ummu Khairiyah (Universitas Islam Lamongan)
Gusmaniarti Gusmaniarti (Unknown)
Berda Asmara (Unknown)
Suryanti Suryanti (Unknown)
Wiryanto Wiryanto (Unknown)
Sulistiyono Sulistiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka pada sekolah penggerak dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila peserta didik sekolah dasar di SDN 3 Tlanak Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis fenomenologis. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara kepada kepala sekolah, dan guru yang menerapkan kurikulum merdeka, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi data sebagai bentuk kevalidan dan keabsahan data. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam mengimplementasi kurikulum merdeka melalui kegiatan intrakulikuler dan P5 menjadikan peserta didik memiliki karakter profil pelajar Pancasila. Peserta didik diberikan beragam kegiatan pembelajaran sesuai minat dan kebutuhan. Kurikulum merdeka memiliki potensi dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila apabila dalam implementasinya adanya kolaborasi yang baik antara kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua, serta masyarakat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ...