Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 5, No 1 (2023): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL KALIMAT MATEMATIKA DI KELAS IV SD

Intan Suryaningsih (Universitas Muria Kudus)
Anggieta Yesenia Nirwana (Universitas Muria Kudus)
Lovika Ardana Riswari (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji pemahaman siswa sekolah dasar khususnya pada kelas IV terkait kemampuannya dalam menyelesaikan soal kalimat matematika. Pendekatan deskriptif kualitatif di gunakan dalam penelitian ini dengan mengambil subjek penelitian dari 24 siswa kelas 4 SD Negeri 2 Mayong Lor. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 12 subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling . Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan juga dokumentasi untuk mengumpulkan data guna menguji sejauh mana kemampuan siswa sekolah dasar dalam memecahkan soal cerita matematika. Studi ini menemukan bahwa 9 siswa sangat mahir dalam memecahkan soal matematika, dan 3 siswa lainnya cukup mahir dalam memecahkan soal matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...