Economics and Digital Business Review
Vol. 4 No. 2 (2023): February - July

Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan: Studi Kasus Pada Usaha Kecil Menengah Industri Kopi di Kota Makassar

Aditya Halim Perdana Kusuma Putra (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia.)
Muhtar Sapiri (Universitas Bosowa)
Rahmi Rahmi (Politeknik LP3I Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel strategi pemasaran terhadap volume penjualan. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan bantuan sistem komputer (SPSS). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan volume penjualan Dokter Kopi dari tahun 2021-2022. Hasil penelitian secara parsial menemukan bahwa variabel harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, sedangkan variabel promosi dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Dan hasil penelitian secara simultan seluruh variabel independen yaitu harga, promosi dan produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu volume penjualan dengan nilai F_hitung sebesar 7.311 lebih besar dari nilai F-tabel sebesar 2.70 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.00 yang lebih kecil dari 0.05 atau 5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...