Peserta didik mengalami berbagai perkembangan yang sangat pesat mulai dari bahasa, emosi, dan sosial di usia sekolah dasar. Perkembangan yang pesat ini menuntut seorang guru untuk kreatif dan aktif untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan peserta didik. Karakteristik siswa sekolah dasar adalah senang belajar sambil bermain. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju, peneliti melakukan penelitian untuk menghasilkan produk game edukasi digital berbasis gamifikasi pada pembelajaran PPKn materi kewajiban dan hak di kelas III sekolah dasar. Game edukasi digital yang dikembangkan memanfaatkan unsur gamifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE dari Cennamo, Abell, dan Chung. Hasil uji validasi ahli terhadap game edukasi digital ini mendapatkan persentase skor rata-rata sebesar 85,16% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba pengguna mendapatkan persentase 100% dari uji kelompok dan 99,3% dari uji lapangan yang termasuk kategori sangat baik. Oleh karena itu, produk game edukasi digital berbasis gamifikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran PPKn pada materi kewajiban dan hak untuk kelas III SD.
Copyrights © 2023