Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN KOJA PADA MATERI BANGUN DATAR BERCIRIKAN ETNOMATEMATIKA DI KELAS V SD

Rizki Rizki Agung Aditia Pratama (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dindin Abdul Muiz Lidinillah (PGSD Universitas Pendidikan Indonesia)
Dwi Alia (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan desain media pembelajaran “Koja” bercirikan etnomatematika guna meningkatkan pemahaman peserta didik dan meminimalisir hambatan pada saat proses pembelajaran Matematika dalam materi bangun datar khususnya trapesium dan belah ketupat. Tujuan dari penelitian yaitu meningkatkan pemahaman peserta didik dan meminimalisir hambatan pada saat proses pembelajaran Matematika dalam materi bangun datar khususnya trapesium dan belah ketupat. Metode pada penelitian ini yaitu Design Based Reseacrh (DBR) menurut Amiel dan Reeves. Penelitian ini dilakukan di SDN Margajaya. Adapun tahapan pada penelitian ini (1) identifikasi dan analisis masalah dan praktisi secara kolaboratif, (2) pengembangan prototype sebagai solusi yang berdasarkan desain, prinsip, dan inovasi teknologi yang ada, (3) siklus berulang pengujian dan penyempurnaan solusi dalam praktik, dan (4) siklus berulang pengujian dan penyempurnaan solusi dalam praktik. Jenis pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, observasi, dan values clarification test. Produk akhir penelitian ini berupa desain media pembelajaran “Koja” bercirikan etnomatematika. Uji coba penelitian ini dilakukan pada saat sesudah dan sebelum menggunakan desain media “Koja” menggunakan values vlarification test. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan menunjukan adanya perubahan pada saat sebelum dan sesudah menggunaakan desain media pembelajaran “Koja” bercirikan etnomatematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...