Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 5 No 2: AGUSTUS (2023)

KONSEP PENDIDIKAN PAULO FREIRE DALAM PEBENTUKAN KARAKTER DITINJAU DARI PENDIDIKAN ISLAM

Suriani Suriani (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Safei Safei (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Rosdiana Rosdiana (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Fajri Basam (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan ; (1) memahami konsep pendidikan menurut Paulo Freire; (2) menganalisis kaitan antara konsep pendidikan Paulo Freire dalam pembentukan karakterditinjau dari pendidikan islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research/ penelitian kepustakaan, khusus mengkaji suatu masalah untuk memperolehdata dalam penelitian. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer (pelacakan manual/perpustakaan) dan data sekunder (pelacakan secara online/googlescholar). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis-filosofis. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknikanalisis datanya adalah Kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Instrument penelitian yang digunakan adalah uji keabsahan data dan triangulasi. Adapun hasil analisisyaitu, keduanya mempunyai ciri khas masing-masing, ada beberapa kesesuaian dan ketidaksesuaiaan antara konsep pendidikan Paulo Freire dengan konsep pendidikan yangditinjau dari pendidikan Islam, adapun pendidikan Paulo Freire yang sesuai dengan pendididikan Islam yaitu, dalam hal humanisme dan fitrah manusia, sedangkan beberapapemikiran pendidikan Paulo Freire yang tidak sesuai dengan konsep pendidikan yang ditinjau dalam pendidikan Islam yaitu, dalam hal tujuan pendidikan dan konsep pendidikan.Pendidikan yang ditinjau dari pendidikan Islam lebih unggul dibandingkan dengan pendidikan yang ditawarkan oleh Paulo Freire, kelebihan tersebut yaitu, pendidikan Islamlebih progresif dan mampu mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum, pendidikan Islam juga melandasi pendidikannya dengan agama, yang kesemuanya itu tidak dimiliki dalamkonsep pendidikan Paulo Freire.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...