Abdi Jurnal Publikasi
Vol. 1 No. 6 (2023): Juni

Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle Model) Pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Jakarta Timur

Micheal Sonny (Universitas Indraprasta PGRI)
Danang Sutrisno (Universitas Indraprasta PGRI)
Firdaus Budhy Saputro (Universitas Indraprasta PGRI)
Wahyu Nur Cholifah (Universitas Indraprasta PGRI)
Arief Muda Kusuma (Universitas Indraprasta PGRI)
Indah Pangesti (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumiah Nasution (Universitas Indraprasta PGRI)
Bramantara Yudha (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2023

Abstract

Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle Model) pada siswa sekolah menengah merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, keterlibatan siswa, pembelajaran berkelanjutan, dan keterampilan kolaborasi. Model Siklus Belajar melibatkan serangkaian tahap yang dirancang secara sistematis untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang efektif dan mendalam. Tahap-tahap Model Siklus Belajar meliputi pengamatan, pertanyaan, eksperimen, analisis, sintesis, dan refleksi. Siswa didorong untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan eksplorasi, pengumpulan data, analisis informasi, dan membuat kesimpulan berdasarkan temuan mereka sendiri. Proses ini membantu siswa dalam memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep pembelajaran dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Selain itu, Model Siklus Belajar mendorong pembelajaran berkelanjutan melalui tahap refleksi dan evaluasi. Siswa didorong untuk merefleksikan proses pembelajaran mereka, mengidentifikasi kesalahan atau kekurangan, dan merencanakan langkah-langkah untuk meningkatkan pemahaman mereka di masa depan. Hal ini membantu siswa mengembangkan kemampuan untuk terus belajar dan memperbaiki pemahaman mereka. Dalam kesimpulannya, penerapan Model Siklus Belajar pada siswa sekolah menengah atas memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan berpikir kritis, keterlibatan siswa, pembelajaran berkelanjutan, dan keterampilan kolaborasi. Namun, penting untuk menyesuaikan model ini dengan kebutuhan siswa dan memberikan dukungan yang tepat dari guru untuk mencapai hasil yang optimal dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AJP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Abdi Jurnal Publikasi adalah jurnal yang mengumpulkan artikel hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Terbit 6 kali dalam satu tahun, setiap bulan September, November, Januari, Meret, Mei dan ...