MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 2 (2023): MATHEMA

Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda

Iswatul Khasanah (Universitas Islam Malang)
Anies Fuady (Unknown)
Sunismi Sunismi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari kegiatan evaluasi. Ulangan  harian  merupakan salah satu  alat evaluasi yang perlu diuji kelayakan atau kualitas butir soalnya seperti analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Butir soal perlu diuji kelayakan untuk mengetahui fungsi instrumen yang telah dibuat sudah sesuai dengan fungsinya atau tidak. Penelitian dilakukan dengan metodologi deskriptif dan bentuk penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian adalah soal pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal. Siswa kelas XII MIPA 3 MA Almaarif Singosari Tahun Pelajaran 2022-2023 berjumlah 31 siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil analisis butir soal meliputi validitas soal cukup baik karena terdapat 8 butir soal (53%) dengan kategori valid, sedangkan soal yang tidak valid sebanyak 7 butir soal (47%). Reliabilitas soal dalam kategori tinggi karena koefisien reliabilitas mencapai 0,72. Tingkat kesukaran soal dominan pada kategori mudah mencapai 53%. Daya pembeda memiliki kategori sangat baik, baik dan cukup sebanyak 11 butir soal (74%). Efektivitas pengecoh kategori kurang baik lebih dominan sebanyak 8 butir soal (53%).Kata Kunci: analisis butir soal, pilihan ganda, ulangan harian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...