Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 4 (2023): Progressive Management of Islamic Education

Analisis Sikap Altruis Mahasiswa Perantau Kalimantan Utara di Jawa Timur

Lina Lina (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Nur Hidayah (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Arbin Janu Setiyowati (Universitas Negeri Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2023

Abstract

Sikap altruis  dapat dijadikan sebagai landasan bagi mahasiswa perantau untuk bertahan hidup. Sikap altruis merupakan sikap dan tindakan yang dimunculkan oleh individu secara sukarela untuk membantu dan mensejahterakan orang lain tanpa meminta imbalan apapun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang bertujuan memberikan informasi gambaran terkait sikap altruis  mahasiswa perantau Kalimantan Utara secara sistematis, faktual dan akurat. Subjek penelitian ini berjumlah 121 mahasiswa perantau Kalimantan Utara yang sedang menempuh pendidikan S1 di Jawa Timur. Prosedur penelitian yang dilakukan dengan menetapkan fokus penelitian, melakukan kajian pustaka, mengembangkan instrumen penelitian, menghimpun data lapangan, dan analisis data penelitian. Analisis sikap altruis  memuat aspek kerjasama, menolong, berbagi, berderma dan jujur. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap altruis  mahasiswa perantau Kalimantan Utara berada pada kategori sedang dengan persentase 48.76%. Sikap altruis  mahasiswa perantau perlu ditanamkan dan ditingkatkan, karena dengan ditanamkannya sikap altruis mahasiswa perantau akan lebih menjadi mahasiswa yang peka terhadap kehidupan pribadi maupun sosialnya serta mampu memberikan perasaan kesenangan yang dapat mendorong kesuksesan dan kesejahteraan setelah menanamkan sikap altruis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

munaddhomah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Munaddhomah Journal is an Islamic Education Postgraduate Journal of the Islamic Institute of Islamic Education KH. Abdul Chalim Mojokerto, published periodically every six months as a vehicle for scientific communication of academic people in the study of Islamic Education. Editors invite academics ...