Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Ruang Pada Siswa Kelas VA SDN 1 Kutosari Tahun Ajaran 2022/2023

Dwi Puji Lestari (Universitas Sebelas Maret)
Wahyudi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret)
Muhammad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret, meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  dengan media konkret, serta mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN 1 Kutosari berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  dengan media konkret yang dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas VA SDN 1 Kutosari tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...