Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri Geger Tahun Ajaran 2022/2023

Eliya Dwi Rahmasari (Universitas Sebelas Maret)
Wahyudi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model PBL dengan media konkret untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis tentang bangun ruang, (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis tentang bangun ruang melalui penerapan model PBL dengan media konkret. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Geger. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. (1) Langkah penerapan model PBL dengan media konkret: (a) orientasi masalah dengan media konkret, (b) mengorganisasi siswa untuk belajar dengan media konkret, (c) membimbing penyelidikan siswa dengan media konkret, (d) menyajikan hasil kerja atau dikusi dengan media konkret, (e) menganalisis serta mengevaluasi proses dengan media konkret. (2) hasil tes berpikir kritis siklus I=62,50%, siklus II=75,00%, siklus III=85,00%. Hasil observasi kemampuan berpikir kritis siklus I=65,80%, siklus II=74,86%, siklus III=85,61%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan media konkret dapat meingkatkan kemampuan berpikir kritis tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Geger tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...