Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023): SEPTEMBER 2023

Peningkatan Hasil Belajar Pembulatan Angka Dengan Metode TGT (Team Game Tournament)

Andika Rara Amienati (Universitas PGRI Madiun)
Ibadullah Malawi (Universitas PGRI Madiun)
Albertus Prakoso Lelono (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pembulatan angka pada siswa kelas IV. Penelitian dilakukan di SDN Tambakmas 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas, subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tambakmas 2 terdiri dari 11 siswa dengan 8 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakmas 2 khususnya dalam materi pembulatan angka. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakmas 2 dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dalam mata pelajaran Matematika materi pembulatan angka yakni sebelum dilaksanakan tindakan rata-rata siswa adalah 29.45 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 0%, setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 73,29% dan setelah dilakukan tindakan siklus II meningkat menjadi 80.49%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...