RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 2 (2023)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI POWTOON PADA MATERI SALAT JAMAK DAN QASAR DALAM PAI DI SMPN I PANYABUNGAN BARAT

Rahmida Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Abd. Mukti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rusydi Ananda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas, efektivitas dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran animasi powtoon berbasis materi jamak dan qasar di SMP Negeri I Panyabungan Barat. Penelitian ini mengadopsi metode R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Thiagarajan, dan penelitian ini mengadopsi model pengembangan 4-D, yang meliputi empat tahap yaitu definisi, desain, pengembangan, dan diseminasi. Hasil dari studi pengembangan ini adalah 1). Penilaian verifier Media dan Materi yang diperoleh memiliki tingkat validitas skor rata-rata keseluruhan 85,5%, atau menggunakan kriteria sangat baik atau sangat efektif dalam pembelajaran 2). Hasil angket sebelum menggunakan media (pre-test) mendapat 70,4 poin, dan hasil analisis data angket setelah menggunakan media (post-test) mendapat 89,4 poin. Setelah data diperoleh, bandingkan dan terakhir gunakan rumus N-Gain untuk menghitung selisih/perbandingan keduanya. Berdasarkan hasil diffing/comparing keduanya menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilai 0,64. 3) Tingkat kepraktisan berdasarkan hasil analisis tanggapan guru PAI terhadap angket, dengan rata-rata 4,68, dengan standar praktik baik/cukup. Hasil analisis respon siswa terhadap angket sebesar 7,38, dan penggunaan media pembelajaran praktikum dalam melaksanakan pembelajaran sebanyak siswa yang merespon hal tersebut. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...