Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 4 (Oktober 2023)

Penerapan Metode One Day One Ayat dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Surat An-Naba’ dan An-Nazi’at pada Santri Kelas 4 di Rumah Tahfidz Daarul Hijrah

Laila Nur Safitri (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Akil Akil (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Acep Nurlaeli (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya ketidaksesuaian guru pembimbing tahfidz dalam menggunakan metode atau cara mengajar dengan cara sistem setoran, yang dimana santri sudah melanjutkan ke ayat berikutnya padahal mereka belum terlalu hafal ayat sebelumnya, sehingga menyebabkan adanya santri yang masih tersendat-sendat dalam setoran hafalan, terlewat bacaan ayatnya ketika setoran dan masih tidak sesuai menggunakan tajwid maupun makharijul hurufnya dalam setoran hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Penerapan Metode One Day One Ayat dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran Surah An-Naba dan An-Nazi’at, 2. Meningkatnya motivasi menghafal Al-Qur’an surat An-Naba’ dan An-Nazi’at, dan 3. Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat pada penerapan metode one day one ayat dalam meningkatkan motivasi menghafal surat An-Naba’ dan surat An-Nazi’at. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Adapun subyek penelitiannya yaitu guru pembimbing tahfidz, guru pengurus, santri dan wali santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, tahap-tahap yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa penerapan metode ODOA diterapkan bagi santri yang sudah lancar hafalannya, jika sudah lancar maka guru pembimbing akan menargetkan hafalan baru satu ayat dengan mendikte per penggalan ayat selanjutnya untuk dihafal. Kemudian, guru pembimbing menggunakan kata kunci di setiap ayatnya dan ketukan pada tajwid yang digunakan untuk mengantisipasi dari lupa hafalan serta ketidaktepatan dalam menggunakan tajwid pada setiap ayat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...