Sebagai mahasiswa perlu adanya penguatan dan kemampuan menulis karya ilmiah guna berlatih membuat artikel ilmiah sebagai tugas tingkat akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan mahasiswa menyusun sistematika penulisan, kemampuan menulis isi artikel ilmiah serta kesulitan mahasiswa dalam publikasi dan penulisan artikel ilmiah. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Sumber data adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara dan tes hasil tulisan artikel ilmiah mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari kemampuan menyusun sistematika artikel ilmiah sebanyak 30 mahasiswa atau 80% dikategorikan dapat menulis sistematika artikel ilmiah namun 5 mahasiswa atau 14% dikategorikan perlu bimbingan. Kedua, berdasarkan kemampuan mahasiswa dalam menulis isi artikel ilmiah pada penulisan judul, abstrak, metode penelitian, kesimpulan dan daftar pustaka mahasiswa lebih dari 75% mampu menulis. Namun pada penulisan pendahuluan, hasil penelitian dan pembahasan, mahasiswa masih perlu bimbingan dikarenakan kurang dari 75% yang dapat menulis dengan baik.
Copyrights © 2023