Jurnal Kumparan Fisika
Vol. 6 No. 2: Agustus 2023

PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POE2WE MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA

Nisa Nurmilah (Universitas Siliwangi)
Nana (Universitas Siliwangi)
Dwi Sulistyaningsih (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

ABSTRAK   Implementasi teknologi dalam pendidikan telah banyak direalisasikan sesuai dengan PermendikbudRistek No.16 Tahun 2022 tentang standar proses yaitu penggunaan perangkat teknologi untuk memberi pengalaman belajar yang berkualitas demi tercapainya tujuan belajar. Namun, pada kenyataannya penerapan teknologi belum dimanfaatkan dengan optimal. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk memberikan solusi dengan mengembangkan e-modul interaktif berbasis model pembelajaran POE2WE menggunakan flipbook maker pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap Develop karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan e-modul saja. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika dan peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya. Penelitian ini menghasilkan produk e-modul dalam bentuk link dengan nilai validasi 0,89 pada aspek materi dan 0,84 pada aspek media sehingga memenuhi kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh nilai 88,89% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh nilai 83,33% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.   Kata  kunci: E-Modul Interaktif, Flipbook Maker, Gelombang Bunyi dan Cahaya, Model Pembelajaran POE2WE.   ABSTRACT   The implementation of technology in education has been realized following PermendikbudRistek No. 16 of 2022 concerning process standards, namely the use of technological devices to provide quality learning experiences to achieve learning goals. However, in reality, the application of technology has not been utilized optimally. Therefore, researchers are trying to provide a solution by developing an interactive e-module based on the POE2WE learning model using a flipbook maker on sound and light waves. The research method used is Research and Development (R&D) with a 4-D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate). However, this study was only carried out up to the development stage because this study aimed to describe the level of validity and practicality of the e-module only. The subjects of this study were physics teachers and students of class XI MIPA at SMA Negeri 1 Manonjaya. This research produces an e-module product in the form of a link with a validation value of 0.89 on the material aspect and 0.84 on the media aspect so that it meets the very valid category. The results of the practicality test by the teacher obtained a score of 88.89% in the very practical category and the results of the practicality test by students obtained a value of 83.33% in the very practical category. Thus, the developed e-module meets the criteria of being very valid and practical for use in learning.   Keywords: Flipbook Maker, Interactive E-Module, POE2WE Learning Model, Sound and Light Waves

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kumparan_fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal ini adalah artikel penelitian terhadap pembelajaran fisika dan keilmuan ...