Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI EFEK DOPPLER KELAS XI SMA NEGERI 3 BARRU

Ayu Safitri (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haris (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Yani (Universitas Negeri Makassar)
Pariabti Palloan (Universitas Negeri Makassar)
Mutahharah Hasyim (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D) bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui tahap Penelitian dan Pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Adapun persentase hasil menunjukkan tingkat kelayakan media dari isi maupun kegrafikan media berdasarkan penilaian validator dengan nilai koefisien internal yaitu  1 atau 100%, untuk  tingkat kepraktisan dari media berdasarkan setiap aspek peniliaian angket respon peserta didik memiliki nilai skala persentase skor 84%-93% dan penilaian angket respon guru memiliki nilai sklala persentase skor 93%-100%, untuk tingkat keefektifan dari media berdasarkan persentase skor    N-Gain peserta didik yaitu 74%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada materi efek doppler yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran fisika

Copyrights © 2023