AME (Aplikasi Mekanika dan Energi) : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
Vol. 9 No. 2 (2023)

Pengaruh Material Fly Ash Dan Zeolit Pada Alat Filtrasi SIFA Terhadap Penurunan Biochemical Oxygen Demand (BOD) Dalam Limbah Domestik

Sigit Suwarto (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap)
Frida Amriyati Azzizzah (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap)
Arnesya Ramadhani (Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap)
Christian Soolany (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap)
Virgiawan Listanto (Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap)
Kharismatun Nafa (Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2023

Abstract

Indonesia merupakan negara yang padat penduduk sehingga jumlah air limbah yang dihasilkan semakin meningkat, terutama limbah domestik yang merupakan limbah cair buangan yang berasal dari kegiatan rumah tangga. Sehingga dengan kondisi ini, kebutuhan akan air bersih menjadi sangat vital. Langkah alternatif yang digunakan untuk mengurangi limbah domestik dan memperoleh air yang lebih bersih adalah dengan penggunaan proses filtrasi. Proses filtrasi tersusun atas beberapa media filter yang digunakan untuk mengadsorbi polutan-polutan dari limbah cair. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui waktu optimum pada proses filtrasi menggunakan absorben fly ash batubara dan zeolit. Parameter yang menjadi tinjauan adalah kadar Biochemical Oxygen Demand (BOD) dan pH pada limbah domestik pondok pesantren Al-Ihya Ullumadin Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap. Media filter yang digunakan tersusun dari 5 lapisan yaitu kerikil, ijuk, zeolit, pasir dan fly ash. Tahapan kerja pada penelitian ini yaitu mencari waktu filtrasi yang optimum dari variasi waktu 90, 150 dan 210 menit. Filtrat yang dihasilkan diuji kadar BOD dan pH. Hasil analisis menunjukkan waktu filtrasi yang paling optimum adalah 90 menit, menghasilkan penurunan BOD dari 13.294 mg/L menjadi 199 mg/L, yang berarti terjadi penurunan BOD sebesar 98,5% dan pH menurun dari 7 menjadi 6,5. Kata kunci :  biochemical oxygen demand; filtrasi; fly ash; limbah domestik; zeolit.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ame

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Engineering Mechanical Engineering Other

Description

AME (Aplikasi Mekanika dan Energi):Jurnal Ilmiah Teknik Mesin merupakan jurnal ilmiah dengan e-ISSN 2581-0979 dan p-ISSN 2460-3988 yang direview dengan double blind review. Jurnal diterbitkan secara berkala 2 kali dalam setahun (6 bulanan) yaitu pada bulan Maret dan September dengan menyajikan ...