Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan di kelas V SD Negeri 1 Maligano. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, dan (5) refleksi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aktivitas mengajar guru pada siklus I pertemuan 1 terlaksana sebesar 48.60% dan pertemuan 2 terlaksana sebesar 59.21% . Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terlaksana sebesar 68.42% dan pada pertemuan 2 terlaksana sebesar 81.57%. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 terlaksana sebesar 43.42% dan pertemuan 2 terlaksana sebesar 52.63%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terlaksana sebesar 78.94% dan pada pertemuan 2 terlaksana sebesar 89.47%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan 12 dari 20 siswa tuntas secara klasikal sebesar 60% dengan nilai rata-rata 66.25. Sedangkan pada siklus II menunjukkan 18 dari 20 siswa tuntas secara klasikal sebesar 90% dengan nilai rata-rata 81.85. Berdasarkan data tersebut, maka indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran discovery learning pada tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan kelas V SD Negeri 1 Maligano Kabupaten Muna.
Copyrights © 2022