Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1 (2021)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SD NEGERI 4 BATALAIWORU

Nurdianah Nurdianah (Universitas Halu Oleo)
Rimba Hamid (Universitas Halu Oleo)
Amiruddin B (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Gaya di kelas IV SD 4 Batalaiworu. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Batalaiworu yang berjumlah 19 orang. Penelitiaan ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Prosedur penelitian yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi Hasil dalam penelitian ini yaitu nilai KKM 70. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh, pada siklus I terdapat presentase ketuntasan sebesar 63,16% (11 orang) dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I yaitu 71,84 dan pada siklus II presentase ketuntasan meningkat menjadi 84,21% (16 orang) dengan nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 77,63. Berdasarkan data tersebut, dapat simpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya di kelas IV SD Negeri 4 Batalaiworu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...