Global Journal Basic Education
Vol 2 No 3 (2023): Agustus

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS V UPTD SDN 33 PAREPARE

Muslimin Muslimin (Universitas Negeri Makassar)
Kamaruddin hasan (Universitas Negeri Makassar)
nurul pajeriya . (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas V UPTD SDN 33 Parepare. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang perubahan wujud benda di kelas V UPTD SDN 33 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu 1 guru dan 12 orang siswa kelas V UPTD SDN 33 Parepare. Data diperoleh dengan teknik obsevasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kualifikasi C (Cukup) dan siklus II berada pada kualifikasi B (baik) dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan proses dan hasil belajar perubahan wujud benda siswa kelas V UPTD SDN 33 Parepare.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...