SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Analisis Dan Perancangan Model Bisnis Pada RM Mah Barrah Dengan Menggunakan Business Model Canvas

Rifky Atalarik Hakim (PPs STIE Amkop Makassar)
Sinta Aryani (Unknown)
Budi Sulistyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2023

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam dan rempah rempah yang melimpah dengan struktur geografis yang berbeda di setiap daerahnya. Hal tersebut menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman aneka kuliner dari Sabang sampai Merauke. Bandung, ibu kota Jawa Barat, merupakan kota besar dengan jumlah penduduk tertinggi keempat di Indonesia. Restoran adalah jenis bisnis khusus yang menawarkan makanan dan minuman untuk dibeli dan dikonsumsi kepada masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh RM Mah Barrah dan merancang strategi usulan menggunakan metode business model canvas. Penelitian ini membahas tiga permasalahan utama yang dihadapi oleh RM Mah Barrah adalah produk, promosi, dan sumber daya manusia. Metode business model canvas digunakan sebagai alat untuk merancang model bisnis yang lebih efektif bagi RM Mah Barrah. Selain itu ,metode pendukung lainnya yang menunjang adalah business model environment, analisis SWOT, matriks TOWS, value proposition canvas. Tahapan penyelesaian masalah terdiri dari pendahuluan, pengumpulan data, pengolahan data, perancangan model bisnis,verifikasi, validasi, dan tahap akhir. Diharapkan hasil rancangan dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh RM Mah Barrah dan memberikan wawasan baru dalam pengembangan bisnis rumah makan. Kata Kunci: Rumah Makan, Business Model Canvas, Perancangan Model Bisnis

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...