Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan pada Kelas VIII SMP N 8 Payakumbuh. Hasil observasi menunjukkan bahwa kecerdasaan interpersonal siswa masih rendah, seperti yang ditunjukkan oleh siswa yang kurang aktif selama pembelajaran berlangsung. Persoalan ini juga menyebabkan hasil belajar PAI siswa rendah. Oleh sebab itu, peneliti terdorong untuk melaksanakan penelitian dengan rumusan masalah yaitu Seberapa besar pengaruh kecerdasaan interpersonal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Payakumbuh. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 8 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu terdiri dari lima kelas. Dalam penelitian ini, sampel terdiri dari kelas VIII1 dan VIII2 yang diambil secara acak. Angket kecerdasaan interpersonal dan tes hasil belajar siswa digunakan sebagai instrument. Dari hasil analisis angket kecerdasaan interpersonal siswa dengan menggunakan uji t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2,09 > 1,66 dibandingkan dengan Software SPSS dengan Sig tailed < ? yaitu 0.041 < 0.05 dan hasil belajar PAI siswa,dimana pada uji koefisien determinasinya didapatkan nilai sebesar 93,8% dipengaruhi oleh kecerdasaan interpersonal terhadap hasil belajar dan 6,2 % dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan pada Analisis tes hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2.25 > 1.66 dan dibandingkan dengan Software SPSS dengan Sig tailed < ? yaitu 0.015 < 0.05 dimana pada uji koefisien determinasinya didapatkan nilai sebesar 83,1% dipengaruhi oleh hasil belajar mengikuti kecerdasaan interpersonal dan 17,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Payakumbuh.
Copyrights © 2023