Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM-SOLVING PROCESS IN SOLVING STORY PROBLEMS ON SPLDV MATERIAL

Selfie Kumesan (Universitas Negeri Manado)
Eunike Mandolang (Universitas Katolik De La Salle Manado)
Patrisia Hana Supit (Universitas Katolik De La Salle Manado)
Jorry F. Monoarfa (Universitas Negeri Manado)
Navel Oktaviandy Mangelep (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah bagi siswa merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Namun, kemampuan kenyataan di lapangan proses pemecahan masalah matematis masih belum optimal. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat karakteristik proses pemecahan masalah matematis siswa dalam memecahkan soal cerita khususnya pada materi SPLDV. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sehingga penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan matematis tinggi tidak dapat memeriksa Kembali jawaban yang telah diperoleh dengan baik. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematis sedang juga tidak dapat memeriksa Kembali jawaban yang telah diperoleh dan proses solusi dengan baik dan benar. Selain itu, siswa dengan kemampuan matematis rendah tidak mampu menyelesaikan soal dengan langkah-langkah yang baik dan benar. Serta, siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak mampu memeriksa kembali jawaban serta proses solusi yang telah dikerjakannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...