MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 10 No 3 (2023): September

Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Nested terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Sekolah Dasar

Nofia Henita (Universitas Negeri Padang)
Yeni Erita (Universitas Negeri Padang)
Yanti Fitria (Universitas Negeri Padang)
Rahmi Yulia (Universitas Negeri Padang)
Deni Okta Nadia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terpadu model nested terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPA kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas sasaran 1 dan sasaran 2. Subjek penelitian ini yaitu sasaran 1 sejumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan sasaran 2 sejumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan posttest only control design. Teknik non probability sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay berjumlah 5 butir soal. hipotesis di uji dengan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil uji hipotesis uji-t pada dua kelas menunjukkan ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? yaitu 2,115 > 1,681 yang menerangkan adanya pengaruh pembelajaran terpadu model nested pada keterampilan berpikir tingkat tinggi di sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian yaitu adanya pengaruh model nested terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi di sekolah dasar.

Copyrights © 2023