FIKROTUNA
Vol. 12 No. 01 (2023): 2023

Rethinking Kurikulum Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Madrasah Tsanawiyah

Susilo Surahman (UIN Raden Mas Said Surakarta)
Moh. Zaimil Alivin (The University of Edinburgh. United Kingdom)
M. Fathun Niam (Program Pascasarjana Universitas Islam Lamongan)
Moh. Ziyadul Haq Annajih (Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan)
Purniadi Putra (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Sayafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Artikel ini menyajikan telaah literatur tentang pengembangan model pembelajaran terintegrasi sebagai bentuk realisasi kebijakan penyerderhanaan kurikulum pasca  era pandemic covid-19. Menguatnya tuntutan untuk menyederhanaan kurikulum, tidak terlepas banyaknya mata pelajaran pada maple PAI yakni, Al-Quran Hadist, Fiqih, SKI, Aqidah akhlaq. Langkah penyederhanaan kurikulum khususnya maple PAI dapat dilakukan melalui integrasi mapel PAI secara horizontal yakni dengan integrasi mapel parallel di Madrasah Tasanawiyah. Robin Fogarty merumuskan 10 model integrasi kurikulum yaitu model fragmented (model terpisah), connected (keterkaitan), nested (berbentuk sarang), sequenced (satu rangkaian), shared (terbagi), webbed (bentuk jaring laba- laba), threaded (satu alur), integrated (terpadu), immersed (tenggelam), networked (membuat jejaring). Penelitian mengembangkan integrasi mata pelajaran PAI dalam beberapa model integrasi Robin Fogarty. Terdapat beberapa tema, langkah pengembangan dalam merumuskan integrasi bahan ajar PAI. Artikel diharapkan menjadi gambaran untuk merumuskan model pengembangan bahan ajar PAI tingkat Tsanawiyah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fikrotuna

Publisher

Subject

Education

Description

FIKROTUNA: A journal of Islamic Education and Management published by office and coordinatorate staff of Research and Society Service Institution of Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Khairat, Pamekasan. This journal contains scientific studies on Islamic education and Management, educational ...