Meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi salah satu tujuan penelitian ini melalui strategi Learning With Team Quiz menggunakan media e-modul pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Blang. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis Quasi Eksperimen Design. Bentuk desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dilakukan di kelas VIII/1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII/2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa soal tes dalam bentuk essay. Data penelitian ini diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen 83,40 dan kelas kontrol 73,26. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, terlihat bahwa nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kriteria tinggi dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,67 dengan kriteria sedang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melaului strategi Learning With Team Quiz menggunakan media e-modul pada materi SPLDV di SMP Negeri 1 Kuta Blang.
Copyrights © 2023