Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 02, September 2023

PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMPN 10 MATARAM

Rahma Ayu Utami (Universitas Mataram)
Edy Herianto (Universitas Mataram)
Sawaludin (Universitas Mataram)
M. Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penggunaan model dan media pembelajaran penting untuk dilakukan dalam proses pembelajaran dikarenakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. melalui model dan media pembelajaran siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa juga mampu mengembangkan kemampuannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: apakah ada pengaruh implementasi dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 10 Mataram. Pendekatan yang digunakan yakni kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan tipe noequivalent control. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji N-gain, uji prasyarat yaitu uji normalitas (Chi kuadrat), uji homogenitas (uji-f) dan uji hipotetis menggunakan uji-t. berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung>ttabel (4,77>1,99) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan quizizz berpengaruh pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 10 Mataram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...