Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan Polya dalam menyelesaikan soal materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas VII-C SMPN 2 Bayan tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 siswa kategori tinggi, 2 siswa kategori sedang, dan 2 siswa kategori rendah. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara. Tehnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh (i) siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi dapat melalui semua tahap yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. (ii) siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang hanya dapat melalui tiga tahapan indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana tetapi tidak bisa melalui tahap memeriksa kembali. (iii) siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah hanya melalui tahap memahami masalah tetapi belum bisa melalui tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Diharapkan agar siswa lebih banyak melatih dan membiasakan diri mengerjakan soal-soal pemecahan masalah serta soal-soal kecerdasan logis matematis.
Copyrights © 2023