Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 13 No. 3 (2023)

PEMANFAATAN MUATAN KEARIFAN LOKAL DALAM BUKU SISWA BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA TERBITAN KEMDIKBUD

Alfi, Ahmad (Unknown)
Arifah , Aprilia Rizki (Unknown)
Nur'aini , Dhiva Maulida Rizqi (Unknown)
Suwandi, Sarwiji (Unknown)
Suryanto, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Materi ajar dalam buku ajar kurikulum merdeka perlu memuat nilai-nilai kearifan lokal. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik mendapatkan wawasan dan kompetensi pengetahuan yang berlandaskan nilai luhur. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi muatan kearifan lokal yang terdapat dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian yakni muatan kearifan lokal pada Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud. Data dari penelitian ini adalah buku siswa terbitan Kemdikbud yang memuat kearifan lokal. Sumber data dalam penelitian adalah arsip atau dokumen berupa buku siswa terbitan Kemdikbud yang memuat kearifan lokal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat, yakni peneliti terlebih dahulu membaca Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud yang terdiri dari enam tema/bab secara teliti untuk menentukan muatan kearifan lokal, kemudian mencatat secara utuh lalu menganalisis bacaan ke dalam muatan kearifan lokal. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud terdapat enam kategori muatan kearifan lokal: kuliner khas daerah, cagar budaya, cagar biosfer, rumah tradisional, sastra lisan, dan tradisi. Akan tetapi, tidak semua bab pada buku terdapat muatan kearifan lokal, yaitu pada bab VI. Muatan kearifan lokal yang paling dominan ada pada bab I dengan judul bab “Jelajah Nusantara”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...