UNM Journal of Technology and Vocational
Vol 7, No 3: Oktober (2023) (Article in Press)

Pengaruh Penerapan Game Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X Di Smkt Sombaopu

Dasma Yanti Lestari (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Muis Mappalloteng (Universitas Negeri Makassar)
Ruslan Ruslan (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen yang bertujuan untuk 1.Mengetahui penerapan game kahoot 2.Mengetahui ada tidaknya Pengaruh Penerapan Game Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X Di SMKT Sombaopu 3.Mengetahui respon siswa terhadap game kahoot. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu media Game Kahoot sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat, dengan menggunakan desain penelitian Pretest dan Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 34. Sampel penelitian adalah kelas X TKJ 1 Sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 17 orang dan X TKJ 2 sebagai kelas eksperimenĀ  dengan jumlah siswa 17 orang yang terpilih melalui Simple Random Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif memperlihatkan bahwa pada kelas eksperimen dengan media pembelajaran Game Kahoot diperoleh hasil belajar rata-rata pretest 50.12 dan posttest 74.35, sedangkan pembelajaran menggunakan metode ceramah diperoleh hasil belajar rata-rata pretest 34.59 dan posttest 57.18 sedangkan hasil ketuntasan belajar siswa kelas kontrol 6% dan kelas eksperimen 82%. Hasil Rata-rata Uji n-gain kelas eksperimen 0,46 dan kelas kontrol adalah 0,3.Efektifitas Rata-rata kelas kelas kontrol 33,62 dan kelas ekperimen 46,88. Hasil pengujian statistik inferensial dengan Independent Samples T-Test diperoleh nilai signifikansi untuk pretest dan posttest p = 0,000 < Ī± = 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian media pembelajaran game kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X Di SMKT Sombaopu. Uji respon siswa sebanyak 34 orang memperoleh nilai 4,30 dengan presentasi sebesar 86,14% dengan kategori sangat menarik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Other

Description

Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within ...