Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 4 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Utilization of Digital Library with Integrated Library System (Inlislite) Version 3.2 in the Library of SMA Negeri 1 Koto Xi Tarusan

Afando Afando (Universitas Negeri Padang)
Eldarni Eldarni (Universitas Negeri Padang)
Syafril Syafril (Universitas Negeri Padang)
Meldi Ade Kurnia Yusri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Digital Library Dengan Integrated Library System (INLISlite) Versi 3. 2 di perpustakaan SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan.  Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan persepsi siswa terhadap layanan perpustakaan digital menggunakan INLISlite. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan dengan jumlah 1050 orang siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik probality sampling yang berjumlah 100 orang, dengan jumlah siswa kelas X sebanyak 31 orang, kelas XI 28 orang dan kelas XII 41 orang. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah 30 item pertanyaan. Jenis data penelitian berupa data primer dengan sumber data lembar jawaban siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan pesentase. Kesimpulan penelitian ini, bahwa Pemanfaatan Digital Liblary Dengan Integrated Library System (INLISlite) Versi 3. 2 di perpustakaan SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan “Sangat Baik” dengan nilai persentase sebesar 85,23. Persepsi siswa antara kelas menunjukkan hasil yang berbeda-beda, siswa kelas X memperoleh persentase sebesar 82,37% dengan kriteria “Sangat Baik”, siswa kelas XI  memperoleh persentase sebesar 81,40% dengan kriteria “Sangat Baik” dan kelas XII memperoleh persentase sebesar 89,23% dengan kriteria “Sangat Baik”.Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Digital Library Dengan Integrated Library System (INLISlite) Versi 3. 2 di perpustakaan SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan.  Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan persepsi siswa terhadap layanan perpustakaan digital menggunakan INLISlite. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan dengan jumlah 1050 orang siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik probality sampling yang berjumlah 100 orang, dengan jumlah siswa kelas X sebanyak 31 orang, kelas XI 28 orang dan kelas XII 41 orang. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah 30 item pertanyaan. Jenis data penelitian berupa data primer dengan sumber data lembar jawaban siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan pesentase. Kesimpulan penelitian ini, bahwa Pemanfaatan Digital Liblary Dengan Integrated Library System (INLISlite) Versi 3. 2 di perpustakaan SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan “Sangat Baik” dengan nilai persentase sebesar 85,23. Persepsi siswa antara kelas menunjukkan hasil yang berbeda-beda, siswa kelas X memperoleh persentase sebesar 82,37% dengan kriteria “Sangat Baik”, siswa kelas XI  memperoleh persentase sebesar 81,40% dengan kriteria “Sangat Baik” dan kelas XII memperoleh persentase sebesar 89,23% dengan kriteria “Sangat Baik”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...