JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 11 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Penggunaan Asesmen Portofolio dalam Penilaian Hasil Belajar di Kelas V MI Cidoyang

Inas Salimah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ghullam Hamdu (Universitas Pendidikan Indonesia)
Agnestasia Ramadhani Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan asesmen portofolio dalam penilaian hasil belajar di kelas V MI Cidoyang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas V. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan teridiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan guru kelas V MI Cidoyang sudah menggunakan asesmen portofolio dalam penilaian pembelajaran. hal itu didapat dari hasil wawancara dan observasi dokumen gru sudah melaksanakan tahapan asesmen portofolio dalam penilaian pembelajaran denan cukup baik namun masih belum optimal. Masih terdapat langkah yang belum dilaksanakan oleh guru dalam melaksanakan asesmen portofolio ayitu guru belum melakukan kegiatan refleksi untuk mereview hasil tugas portofolio siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...