Kemampuan bahasa adalah salah satu perkembangan dasar yang harus dicapai oleh anak, termasuk anak usia toddler sesuai dengan usia dan karakteristiknya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan bahasa anak usia 12-24 bulan. Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sampel 94 responden yang diambil dengan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Kuesioner Pra Skrinning Perkembangan (KPSP). Analisis yang digunakan analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi karakteristik responden, dan gambaran perkembangan bahasa anak usia 12-24 bulan. Hasil: Responden sebagian besar berada pada kelompok usia 26-35 tahun (63,8%), pendidikan terakhir adalah SMA (59,6%), mayoritas responden adalah Ibu Rumah Tangga (IRT) (84,0%), sebagian besar anak responden berjenis kelamin laki-laki (52,1%), anak responden sebagian besar berada pada usia 24 bulan (29,8%). Perkembangan bahasa anak usia 12-24 bulan mayoritas dalam kategori sesuai perkembangan namun ada masing-masing 1 anak (1,1%) usia 12-14 bulan dan usia 21-23 bulan yang mengalami perkembangan bahasa yang tidak sesuai perkembangan. Kesimpulan: Penelitian ini mengharapkan agar ibu yang mempunyai anak usia 12-24 bulan, tetap melakukan stimulasi untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak.
Copyrights © 2022