De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol. 2 No. 10 (2022): Oktober

Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah

Afis Hafifah Hasanah (Universitas Lampung)
Muhammad Mona Adha (Universitas Lampung)
Ana Mentari (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Di era saat ini, terdapat empat tantangan besar dalam dunia pendidikan, diantaranya adalah adanya persoalan terkait nilai luhur dan moral bangsa; perlunya kematangan menjadi warga negara; mendukung perwujudan keadilan sosial dan terciptanya kompetensi abad 21. Menghadapi tantangan tersebut pemerintah membentuk program Guru Penggerak untuk mencanangkan Profil Pelajar Pancasil. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru penggerak dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. Untuk menganalisis data pada penelitian ini, penulis menggunakanan alat bantu berupa Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 20. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru Penggerak di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Semaka Tanggamus dilihat dari kegiatan pembelajaran maupun kegiatan diluar pembelajaran yang memberikan perubahan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Guru Penggerak cukup mampu menerapkan perannya dengan baik disetiap perilaku dan tindakannya di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

decive

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dalam bidang, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Nilai, Pendidikan Moral, Pendidikan Politik, Pendidikan Hukum, Pendidikan Anti Korupsi, Pendidikan ...