Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)

PREDIKSI PRODUKSI DOMPET KULIT SINTETIS MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI

Mochamad Surohadi (Unknown)
Hindarto Hindarto (Unknown)
Hamzah Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

UMKM PDKT merupakan suatu usaha mikro kecil menengah yang bergerak di bidang produksi dompet di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. UMKM ini memproduksi dompet dengan jumlah penjualan berkisar antara 35.000-40.000 pecs/tahun. Pada saat ini dompet menjadi salah satu kebutuan yang wajib dimiliki oleh laki – laki maupun perempuan. oleh karena itu produk si dompet sangat sulit di prediksi termasuk oleh usaha mikro kecil menengah produksi dompet khas tanggulangin. Perencanaan pengambilan keputusan UMKM PDKT dalam menentukan jumlah produk sangatlah penting untuk memaksimalkan keuntungan, dalam hal ini perencanaan produksi bergantung pada sisa persediaan dari satu periode sebelumnya dan juga perkiraan jumlah permintaan pada satu periode selanjutnya. Permintaan konsumen yang semakin banyak mengharuskan proses produksi di lakukan secara efisien. Logika Fuzzy merupakan salah satu ilmu yang dapat menganalisa ketidakpastian. Dengan metode Mamdani atau yang biasa disebut metode Min-Max dari dua atau lebih variabel liunguistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi jumlah produksi dompet kulit sintetis menggunakan logika fuzzy metode mamdani dengan 4 tahapan yaitu; 1)Fuzzyfikasi; 2)Aturan; 3)Aplikasi Fungsi Implikasi; 4)Defuzzyfikasi, dari hasil defuzzifikasi inilah kita bisa menentukan keputusan yang akan diambil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...